Tips Efektif Memilih Travel Umroh Terpercaya

Tips Efektif Memilih Travel Umroh Terpercaya – Bisnis travel umroh kini mempermudah Anda yang sedang merencanakan umroh dalam waktu dekat. Biasanya banyak orang tergiur dengan paket umroh murah yang ditawarkan travel demi mengatasi biaya umroh yang mahal. Namun, sebenarnya Anda harus tetap ekstra cermat agar tidak menjadi korban penipuan berkedok paket umroh murah.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pelayanan yang aman dan berkualitas dari travel umroh. Agar tidak terjebak dalam tindak penipuan, Anda mesti mempraktikkan tips efektif ini saat memilih travel umroh:

Memilih Travel Umroh yang Legalitasnya Jelas

Hal pertama yang patut Anda perhatikan ketika memilih travel umroh adalah legalitasnya. Bisnis travel umroh yang terpercaya pasti memiliki sejumlah izin resmi, antara lain:

  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  • NPWP Perusahaan
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • SK Departemen Agama Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara haji khusus dan umroh)
  • Sertifikat lembaga bisnis syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI, dan lainnya.

Sekarang, informasi mengenai legalitas travel umroh juga dapat diakses di http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu. Website tersebut memuat daftar bisnis travel yang telah diakui memiliki legalitas untuk mengurus perjalanan haji dan umroh. Risiko mengalami penipuan berkedok umroh pun bisa diminimalkan kalau Anda jika Anda memilih travel yang ada pada daftar tersebut.

Memeriksa Alamat Kantor Travel

Hal selanjutnya yang patut Anda lakukan adalah memeriksa alamat kantor travel yang bersangkutan. Anda memang harus memastikan bahwa kantor travel tersebut memiliki alamat yang benar-benar tepat. Jangan tertipu dengan bisnis travel umroh yang konon kabarnya memiliki banyak cabang. Tak ada salahnya bila Anda meluangkan waktu mengecek alamat kantor-kantor cabang tersebut satu per satu.

Jangan Mudah Tergiur dengan Paket Murah

Paket umroh dengan biaya murah memang selalu menjadi daya tarik bagi masyarakat, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah yang minim pengetahuan. Itulah sebabnya daya tarik ini kerap dimanfaatkan oleh oknum penipu untuk mendapatkan dana besar dari para pelanggan. Setelah pelanggan menyetorkan sejumlah uang, akhirnya kejelasan tentang jadwal umroh pun tak kunjung didapat. Calon jemaah umroh maupun haji jadi terlunta-lunta karena nasibnya tidak jelas usai menyetorkan uang dalam jumlah cukup besar.

Memeriksa Jadwal Umroh yang Pernah Diselesaikan

Setiap bisnis travel umroh pasti memiliki rekam jejak tentang paket umroh yang pernah diselesaikan. Anda bisa mengecek reputasi suatu bisnis travel umroh melalui hal yang satu ini. Semakin banyak perjalanan umroh yang berhasil diselesaikan, berarti semakin baik pula reputasi suatu travel umroh. Biasanya, bisnis travel umroh terpercaya juga mampu memberikan informasi jelas mengenai jadwal keberangkatan selanjutnya dan hal-hal penting lain yang berkaitan dengan ibadah umroh.

Mencari Testimoni dari Para Pelanggan Travel

Bila Anda ingin menunaikan ibadah umroh dengan aman dan nyaman melalui travel terpercaya, sebaiknya Anda mencari informasi dari orang-orang terdekat. Testimoni dari orang terdekat akan membantu Anda menentukan pilihan travel terbaik. Orang-orang yang memberikan testimoni harus sudah merasakan sendiri pengalaman umroh yang lancar. Sehingga validitas testimoni tersebut benar-benar terjamin dan bisa menjadi sarana promosi bagi suatu travel umroh.

Jangan Gampang Tergoda dengan Sistem Tabungan

Saat ini, banyak oknum penipu berkedok travel umroh yang membuka kesempatan umroh dengan sistem tabungan. Calon jemaah umroh diimbau menyetorkan dana sesuai kemampuan karena dana tersebut akan dikumpulkan sampai jumlahnya mencukupi untuk biaya umroh. Sayangnya, sistem ini malah menjadi jebakan besar bagi para pelanggan travel. Karena banyak kasus travel umroh tutup setelah menerima banyak setoran dari pelanggan.

Sebaiknya Anda tidak mudah tergoda dengan sistem tabungan ini. Sebagai gantinya, Anda bisa menyimpan uang sendiri pada satu rekening khusus. Dengan demikian, risiko menjadi korban penipuan travel umroh pun bisa diminimalkan.

Waspada terhadap Paket Umroh Super Murah

Paket umroh murah memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi umat muslim. Padahal, biaya yang dibutuhkan untuk umroh jelas tidak sedikit. Justru Anda wajib curiga dengan travel umroh yang menawarkan paket murah mulai dari sepuluh juta rupiah. Tidak ada travel umroh yang ingin merugi karena paket umroh yang terlalu murah. Jadi, bisa saja paket umroh dengan biaya murah tersebut hanyalah cara untuk menarik perhatian pelanggan agar lekas menyetorkan uangnya.

Mencermati Mekanisme Pembayaran

Travel umroh terpercaya biasanya sudah memiliki rekening khusus atas nama perusahaan. Anda wajib curiga jika Anda diminta menyetorkan uang ke rekening perorangan. Karena hal tersebut mengindikasikan sikap kurang profesional. Bisa saja hal tersebut merupakan tanda bahwa Anda sedang berurusan dengan travel umroh milik oknum penipu.

Hati-Hati dengan Jadwal Umroh yang Terlalu Lama

Ibadah umroh bisa segera dilaksanakan setelah Anda menyelesaikan pembayaran. Karena ibadah umroh berbeda dengan ibadah haji yang memiliki kuota terbatas. Oleh sebab itu, Anda harus curiga dengan jadwal keberangkatan umroh yang terlalu lama. Jangan ambil risiko karena tergiur dengan paket murah yang ditawarkan travel umroh.

Di zaman yang serba canggih ini, tentu tak sulit mencari informasi tentang travel umroh yang terpercaya. Jadi, jangan hanya mencari tahu soal umroh dan rincian biayanya saja. Sebab Anda juga wajib memperhatikan legalitas travel umroh dan kualitas pelayanannya.

Untuk info selengkapnya dapat dilihat di https://www.cekaja.com/info/berniat-umroh-cari-tahu-biaya-dan-tips-mengumpulkan-uangnya/

Leave a Reply